Belajar dari Monyet yuk!!

Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para profesor di USA, ada 2ekor monyet yang dimasukkan ke dalam satu ruangan kosong secara bersama-sama.
Kita sebut saja monyet tersebut Monyet A dan B. Di dalam ruangantersebut terdapat sebuah tiang, dan diatas tiang tersebut nampakbeberapa pisang yang sudah matang. Apa yang akan dilakukan oleh 2monyet tersebut menurut anda? Setelah membiasakan diri dengan keadaan lingkungan di dalam ruangantersebut, mereka mulai mencoba meraih pisang-pisang tersebut.
Monyet A yang mula-mula mencoba mendaki tiang. Begitu monyet A beradadi tengah tiang, sang profesor menyemprotkan air kepadanya, sehinggaterpleset dan jatuh. Monyet A mencoba lagi, dan disemprot, jatuh lagi,demikian berkali-kali sampai akhirnya monyet A menyerah.
Giliran berikutnya monyet B yang mencoba, mengalami kejadian serupa,dan akhirnya menyerah pula. Berikutnya ke dalam ruangan dimasukkanmonyet C. Yang menarik adalah,para profesor tidak akan lagi menyemprotpara monyet jika mereka naik.Begitu si monyet C mulai menyentuh tiang,dia langsung ditarik oleh monyet A dan B.
Mereka berusaha mencegah, agar monyet C tidak mengalami'kesialan'seperti mereka. Karena dicegah terus dan diberi nasehat tentangbahayanya bila mencoba memanjat keatas, monyet C akhirnya takut jugadan tidak pernah memanjat lagi. Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh para profesoradalahmengeluarkan monyet A dan B, serta memasukkan monyet D dan E.Sama seperti monyet-monyet sebelumnya, monyet D dan E juga tertarikdengan pisang diatas tiang dan mencoba memanjatnya. Monyet C secaraspontan langsung mencegah keduanya agar tidak naik.
"Hai, mengapa kami tidak boleh naik ?" protes keduanya". Ada teman-teman yang memberitahu saya,bahwa naik ke atas itu berbahaya.Saya juga tidak tahu, ada apa di atas,tapi lebih baik cari aman saja,jangan keatas deh" jelas monyet C. Monyet D percaya dan tidak berani naik, tapi tidak demikian dengan monyet E yang memang bandel."Saya ingin tahu, bahaya seperti apa sih,yang ada di atas ..... Dan kalauada bahaya, masak iya saya tidak bisa menghindarinya ?" tegas monyet E.
Walaupun sudah dicegah oleh monyet Cdan D, monyet E nekad naik .......
Dan karena memang sudah tidak disemprot lagi, monyet E bisa meraih pisang yang dinginkannya.....
Manakah diantara karakter diatas yang menggambarkan tingkah laku anda saat ini?
Dari ilustrasi tersebut diatas dapat dikatakan bahwa Karakter A dan Badalah orang yang pernah melakukan sesuatu, dan gagal. Karena itumereka kapok, tidak akan mengulanginya lagi, dan berusaha mengajarkanke oranglain tentang kegagalan tersebut. Mereka tidak ingin orang lainjuga gagal seperti mereka.
Karakter C dan D, adalah orang yang menerima petunjuk dari orang lain,hal-hal apa yang tidak boleh dilakukan, dan mereka mematuhinya tanpaberani mencobanya sendiri.
Karakter E adalah type orang yang tidak mudah percaya dengan sesuatu,sebelum mereka mencobanya sendiri. Mereka juga berani menentang arusdan menanggung resiko asalkan bisa mencapai keinginan mereka. Pisang dalam cerita diatas menggambarkan impian kita.
Setiap orang dalam hidup ini mempunyai impian yang tinggi tentang masadepannya. Namun sayangnya, banyak sekalihal-hal yang terjadi di sekitarkita, yang menyebabkan impian kita terkubur.
Orang-orang dengan karakter A,B,C,D akan mengatakan kepada kita hal-halseperti ini",Sudahlah, jangan melakukan pekerjaan yang sia-sia sepertiitu. Percuma. Saya dulu sudah pernah melakukannya berkali-kali dangagal.
Sebagai seorang teman yang baik, saya tidak mau kamu gagal sepert isaya" atau mungkin kalimat "Kamu mau gagal kayak si X... lebih baik lakukan sesuatu yang pasti-pasti saja deh".
Bukankah hal-hal seperti itu yang sering kita dengar sehari-hari?
sumber : Pondok Cerita
Website>> : WWW.DAGANGKU.COM

0 komentar